MENGKUDU (PACE)


(Morinda citrifolia)

1. Sinonim,Familia dan Morfologi

Sinonim:. Morinda speciosa Wall., Pace, Noni

Familia: Rubiaceae

Morfologi Tanaman

Pohon, tinggi 4-8 m. Batang berkayu, bulat, kulit kasar, warna coklat kekuningan. Daun tunggal, bulat telur, ujung dan pangkal runcung, tepi rata, panjang 10-40 cm, lebar 5-17 cm, tulang daun menyirip, warna hijau.

Bunga majemuk, bentuk bongkol, bertangkai, di ketiak daun, warna hijau kekuningan.

Buah bongkol, permukaan tidak teratur, berdaging, panjang 5-10 cm, warna hijau kekuningan.

Biji keras, segitiga, warna coklat kemerahan. [3]

2. Bagian tanaman yang digunakan dan Nama Simplisia

Bagian Tanaman yang digunakan: Buah, akar dan daun

Nama Simplisia:

Morindae citrifoliae Fructus ( Buah Mengkudu)
Morindae citrifoliae Radix ( Akar Mengkudu)
Morindae citrifoliae Folium ( Daun Mengkudu)

3. Kandungan Kimia

Asam askorbat (Vit. C), asam kaproat, asam kaprik, asam kaprilat, damnachantal, acubin, L-asperulosida, deacetylasperuloside, alizarin, eugenol, hexanal, alkaloid triterpenoid, asam benzoat, glukosa, antraquinon, scopoletin, xeronin, proxeronin, mineral
           
4. Aktivitas Farmakologi Mengkudu

 Vasodilator/Hipotensif, antelmintik, emenagog, diuretik, antioksidan, anti-bakteri, anti-inflamasi, analgesik, anti-diabetes, anti-kanker, anti-tumor, sedatif, Bersih darah

5. Khasiat Mengkudu:

Kandungan scopoletin mempunyai kemampuan untuk vasodilator (melebarkan pembuluh darah) sehingga dapat mencegah penyakit hipertensi (antihipertensi)

Senyawa Polisakarida yang terkandung dalam mengkudu menunjukkan dapat meningkatkan pelepasan senyawa-senyawa yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengaktifkan sel-sel darah putih untuk menghancurkan sel-sel tumor.

Kandungan Asam askorbat berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi dan menangkal radikal bebas.

Kandungan Aucubin, L-asperuloside, alisarin dan antraquinon berfungsi sebagai antibakteri.

Senyawa damnacanthal diperkirakan bertanggung jawab dalam menghasilkan efek penenang sehingga  mengkudu disebutkan mempunyai daya penenang yang ringan.


EFEK SAMPING

Tidak diketahui secara pasti efek samping dari pemakaian mengkudu, meskipun  begitu disarankan untuk mengkonsumsi mengkudu sebelum makan (disaat perut masih kosong) dan tidak bersama-sama dengan konsumsi kopi, tembakau dan alkohol. Penelitian belum banyak dilakukan terhadap pemakaian mengkudu disaat hamil maupun menyusui dan sebaiknya tidak dikonsumsi selama masa itu.

1 komentar: