PASAK BUMI





(Eurycoma longifolia Jack.)

1.Sinonim,Familia dan Morfologi
 Sinonim                        : Tongkat Ali
 Familia                         : Simarubaceae
 Morfologi Tanaman       : Pohon, tinggi ± 2 meter, batang kecil, berkayu, kayu mudah dimakan
                                       hama. Akar menembus jauh ke dalam tanah.

2.Bagian tanaman yang digunakan dan Nama Simplisia
Bagian yang digunakan     : Akar
Nama Simplisia                : Eurycomae longifoliae Radix,  Akar Pasak Bumi

3. Kandungan Kimia
Terpenoids, stigmasterol, sitosterol, sterol, saponins, quassinoid, campesterol, benzoquinpones, alkaloid, scopoletin, piscidinol, nilocitin, methoxycantin-one-oxid, methoxycantine- one, meliane, longilene, longilactone A and B, hydroxyeurycomalactone, hydroxycantin-one-oxid , hydroxycantine-one, hydroxydehydro eurycomalactone, hispidone, eurylene, durylactone, eurycomanone, eyrycomanol-D-glycopyranoside, eurycomanol, eurycomalactone, epispelin, dihydroxyklaineanone, dihydroxyeurycomanone, dihydroeurycomalactone.

4. Efek Farmakologi
Tonik, Antipiretik, Antimalaria, Antikanker dan Antioksidan

5. Khasiat Pasak Bumi

Penghambat sel-sel Kanker
Peneliti-peneliti di Amerika dan Jepang melaporkan bahwa beberapa kandungan kimia pada tanaman Pasak bumi yang termasuk dalam kelompok quassinoid dan alkaloid mempunyai kemampuan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada hewan-hewan uji di laboratorium. Sel-sel kanker yang dapat dihambat pertumbuhannya adalah sel kanker payudara, kanker usus besar dan leukemia.
Menurunkan demam
Penelitian tahun 1995 melaporkan bahwa quassinoid yang diekstrak dari Pasak Bumi mempunyai aktivitas anti demam. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa quassinoid 2x lebih efektif daripada aspirin.

Meningkatkan energi dan stamina
Kulit akarnya dapat digunakan sebagai tonik yaitu untuk menguatkan badan dan menambah nafsu makan.

Mengobati Malaria
Efek antimalaria dari chloroquine dan campuran ekstrak yang mengandung Pasak Bumi telah diuji terhadap Plasmodium falciparum secara in vitro dan dilakukan pada suhu 37°C selama 1 minggu. Ada tidaknya parasit ditentukan dengan melihat preparat pewarnaan melalui mikroskup. Hasilnya menunjukkan bahwa aktivitas antimalaria dari Pasak Bumi dengan dosis 0,07-5 μg/ml ekstrak menjangkau <50% setelah  1 hari perlakuan. Penghambatan maksimal terlihat pada pemberian dosis : 1,25-5 μg/ml ekstrak setelah 3 hari perlakuan, 0,62 μg/ml ekstrak setelah 4 hari perlakuan dan 0,31 μg/ml ekstrak setelah 6 hari perlakuan. Sedangkan chloroquine menghambat pada konsentrasi > 2,5 μg/ml ekstrak setelah 1 hari perlakuan dan 0,62 μg/ml ekstrak setelah 2 hari perlakuan.

Meningkatkan kejantanan pria (Aprodisiak)
Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Malaya menunjukkan bahwa ekstrak cair dari Pasak Bumi memiliki pengaruh terhadap testosterone. Uji in vitro pada jaringan testis manusia menunjukkan bahwa Ekstrak Pasak Bumi dapat meningkatkan pembentukan testosterone 4,4 x lipat. Selain itu diketahui bahwa ekstrak cair Pasak Bumi mampu meningkatkan konsentrasi sperma, persentasi kemajuan dan kecepatan gerakan sperma. Disimpulkan bahwa ekstrak cair Pasak Bumi mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, dengan kata lain berarti mampu meningkatkan kesuburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar